Minggu, 31 Juli 2011

Visit Sumatera Utara

1. Tapanuli Utara

1.1 Salik Kasih
Salib Kasih
TARUTUNG - Salib kasih adalah monumen untuk mengenang dan mengabadikan pengorbanan dan jasa misionasir atau zendeling yang diambil dari bahasa Belanda yang artinya pengutusan) di tanah batak, khususnya DR.I.L Nomensen. Sejarah berdirinya, Salib Kasih dibangun pada bulan Oktober 1993 di Dolok Siatas Barita terletak di kecamatan Siatas Barita arah selatan kampung Tarutung. Konon tempat ini adalah tempat bermukimnya Sombaon.Sombaon adalah Roh Alam yang tinggi martabatnya dalam kepercayaan Batak Kuno. Roh ini sangat ditakuti karena dipercayai dapat menentukan nasih baik maupaun buruk dari orang-orang yang bermukim di sekitarnya sehingga pada waktu itu tidak jarang Sombaon atau tempat ini dipuja-puja dengan memberikan pelean (sesajen) dengan harapan akan mendapat keberuntungan dan keselamatan.
    Dipuncak si atas barita inilah sekitar tahun 1863 yang lalu, DR.I.L.Nomensen menatap lembah Silindung yang begitu indah dan luas,dia berdoa "HIDUP ATAU MATI, BIARLAH AKU TINGGAL DI TENGAH-TENGAH BANGSA INI UNTUK MENYEBARKAN FIRMAN DAN KERAJAANMU"    Peristiwa ini mengawali bakal kehidupan baru orang-orang batak yang belum mengenal kristen untuk meninggalkan animisme (Kepercayaan). Atas jasanya,dia disebut sebagai Apostel pertama Orang batak.
    Akan tetapi Puncak siatas barita yang dianggap angker dan menakutkan sudah menjadi Taman Eden mini yang dikunjungi banyak oran dan setiap orang yang berkunjung kesana akan memperoleh kedamaian hati dan pikiran.Salib Kasih dengan ketinggian 31 meter disangga dan ditopang oleh tiga tiang raksasa sebagai lambang Trinitas.Di bawah Salib tersebut terdapat sebuah ruangan kecil tempat berdoa dan didepannya terhampar tempat duduk dengan kapasitas 600 orang serta dilengkapi dengan sebuah mimbar persis dibelakang mimbar menatap jauh ke hamparan rura silindung.
    Lokasi ini ditata dengan taman rekreasi yang indah dan sejuk.Terdapat juga arena bermain serta Open stage yang menjadi panggung persembagahan lagu-lagu rohani.
    Pada malam hari nampaklah Salib Kasih dengan cahayanya, melengkapi Tarutung sebagai kota Wisata Rohani yang sejuk (*).

Sumber: buku terbitan Dinas Pariwisata,Seni dan Budaya Tapanuli Utara

  
1.2 Pemandian Air Soda

Pemandian Air Soda
TARUTUNG - Nah setelah menyejukkan hati di tempat wisata Iman Salib Kasih Siatas Barita, serta menikmati keindahan Kota Tarutung dari Puncak Gunung Siatas Barita. Sekali singgah di Kota Sumber Penginjilan Pertama ditanah batak tersebut, jangan lupa juga tuk menikmati wisata alamnya, salah satunya Pemandian Air Soda. Pemandian Air Soda yang satu ini adalah merupakan objek wisata alam di Tarutung yang berlokasi di desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Propinsi Sumatera Utara.
Pemandian Air Soda di Indonesia hanya ada satu yakni di Tarutung, dan Pemandian Air Soda tersebut yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit kulit. Di samping itu bila dirasakan dengan lidah rasanya asam jauh berbeda dengan air biasa. Untuk kualitas airnya, kita tak usah kwatir karena Pemandian Air Soda yang satu ini Debit airnya sangat banyak, dan terus menerus berganti serta tidak kunjung habis.
Lokasi pemandian tersebut berada di areal persawahan dan merupakan posisi yang unik karena diwanai dengan pemandangan yang indah juga (*).

1.3 Lain-lain
Selain itu Kota Tarutung menyimpan bayak tempat wisata alam lainya yang dan memiliki Potensi alam yang bagus, seperti :

* PEMANDIAN AIR PANAS HUTABARAT

Pemandian Air Panas Sipaholon















* GOA BORU NATUMANDI

Goa Boru Natumandi














Aek Situmandi















* AIR TERJUN SIPOHOLON

Air Terjun Sipoholon















Selain Tempat Wisata, seperti halnya setiap Kota yang memiliki berbagai Khas seperti Soupenir, Kuliner dll. Demikian juga dengan Kota yang satu ini, soupenir yang dapat kita temukan disaat kita berkunjung ke Kota ini diantaranya ada, Kacang Sihobuk sebagai yang sudah Khas-nya, Ombus-ombus, dan berbagai macam buahan khas daerah datarang tinggi, "pasti ga sabaran mau menikmatinya dong". Ayo berkunjung ke Tarutung (*).

by: Anju Msi----sinagaanju.blogspot.com

2 komentar:

  1. sungguh can tik dan mengagungkan kota tarutung bona pasogit .cuma yang di kesal kan kasih yang dari tuhsan jesus belum semua orang batak di bona pasogit menerima karena garagara par balokan satu jengkal mau berkelahi .jadi malas pulang kampung

    BalasHapus
  2. ingat nomensen ,berdoa agar rura silindung selamat

    BalasHapus